Saturday, October 17, 2009

Toxoplasma Bisa Menyerang Pria!

Toxoplasma selama ini banyak menyerang kaum perempuan terutama ibu hamil dan mengancam kesehatan janin. Biasanya janin yang dikandung tidak bisa berkembang alias keguguran. Bahkan bisa membuat ukuran kepala menjadi besar dan berisi cairan (hidrocephalus).

Rupanya, selain toxoplasma pada janin bisa menyebabkan cacat dan berbagai macam gangguan syaraf seperti gangguan syaraf mata mengakibatkan buta, virus ini juga bisa menyerang pada pria.

"Laki-laki juga bisa terkena toxoplasma," kata spesialis penyakit dalam RSU dr Soetomo, Surabaya Prof Dr Suharto SpPD saat berbincang dengan detiksurabaya.com, Jumat (5/6/2009).

Terinfeksi virus tersebut pada umumnya tidak menunjukkan gejala sama sekali atau pun jika terasa hanya seperti sakit biasa. Tapi pada seseorang yang mengalami infeksi yang akan dapat mengakibatkan pada kelenjar pertahanan seperti di sekitar leher ataupun ketiak.

"Ciri-ciri umumnya seperti terserang flu. Panas atau demam dan tidak nyaman atau persendian terasa," ungkapnya.

Kalau kondisi pasien drop, maka bisa menganggu apa yang ada di tubuh penderita. Apalagi jika pasien terkena HIV maka bisa sangat rentan menyerang otak. Bisa menyebabkan pada kematian. "Kondisi pasien drop maka bisa menyerang semua yang ada di tubuhnya," ungkapnya.

Sementara Prof Suharto mengingatkan kepada wanita hamil untuk mengurangi melakukan aktivitas seperti berkebun. Karena kemungkinan besar air kencing dari kucing atau tikus tercampur dalam tanah yang digunakan untuk berkebun.

"Ibu hamil berkebun dikurangi dan jauhi binatang seperti kucing atau hewan lainnya. Jangan lupa menjaga kesehatan dengan makan makanan yang sehat dan olahraga yang cukup," tandasnya

0 comments:

Post a Comment